Monday, April 28, 2014

Kacang Mede atau Kacang Mete (Cashew Nut)

Kacang Mede atau Kacang Mete
Kacang Mete atau kacang Mede
(Sumber : http://banoosh.com)
Siapa yang tidak tau tentang Kacang Mede ?, kacang ini cukup populer dikalangan masyarakat indonesia bahkan masyarakat internetional, dalam bahasa Inggris Kacang Mede / Mete dikenal dengan Cashew Nut, banyak masakan di eropa mengunakan kacang ini sebagai salah satu komposisi dalam masakannya.

Sebenarnya darimana kacang mede berasal? dan pohonnya seperti apa sih? mari kita telusuri asal-usul serta manfaat dari kacang yang unik ini.

Kacang mede sebenarnya berasal dari biji salah satu buah yang lucu namanya, Jambu Monyet... atau dikenal juga Jambu Mede / Jambu Mete, bahasa populernya 

Sebagaimana kita semua ketahui kacang identik dengan kegemukan dan membuat berjerawat. perlu diketahui tidak semua jenis kacang mempunyai efek tersebut apa lagi jika konsumsi dilakukan dengan kadar tertentu. 

Jambu Mede atau Jambu Monyet
Jambu Monyet atau Jambu Mede / Mete
(sumber : www.inspiritoo.com, wikipedia.org)
Untuk kacang mede sendiri sudah banyak dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi, namun kacang mede jika dikonsumsi dengan kadar tertentu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh juga loh.....

Anacardium occidentale, Jambu ini termasuk tanaman dari suku Anacardiaceae atau bahasa umunya termasuk satu suku dengan mangga, (mangga-manggaan... red).

Nah dari biji jambu inilah kacang mede / Kacang Mete berasal, memang buah Jambu Monyet kurang terkenal dibandingkan bijinya mungkin karena bentuknya yang aneh..... hehe. Walaupun aneh bentuknya, buah Jambu Monyet / Jambu Mede / Jambu Mete bisa di konsumsi dan rasanya cukup enak. 

Oh ya sejarahnya Jambu mede ini berasal dari Brasil Tenggara yang dibawa oleh pelaut asal Potugis sekitar 425 tahun yang lalu, kemudian tanaman Jambu Mede / Jambu Mete / Jambu Monyet ini tersebar di beberapa negara tropis antara lain : Bahana, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. 

Di Indonesia sendiri Jambu mede / Jambu Mete memiliki nama yang beragam tergantung daerahnya antara lain : 
1. Di Sumatera Barat dikenal dengan Jambu Erang / Jambu Monyet
2. Di Lampung dikenal dengan Gayu, 
3. Di Jawa Barat dikenal dengan Jambu Mede / Mete
4. Di Bali sebut juga Jambu Jipang atau Jambu Dwipa
5. Di daerah sulawesi Utara disebut dengan Buah Yaki

Perlu kita ketahui kacang mede/ kacang mede mengandung protein dan serat yang baik, lemak yang terkandung didalam kacang mede / kacang mete ini adalah lemak tak jenuh tunggal jadi cukup baik untuk kesehatan jantung. selain itu, kacang mede / kacang mete juga kaya akan kalium, zinc, asam folat, selenium, dan Vitamin B. 




(sumber : http://Wikipedia.org,  http://manfaatdankandungan.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment